Kamis, 13 September 2018

KISI - KISI UHB PKM KELAS XI


1.      Sebut dan jelaskan factor internal berdirinya Muhammadiyah!

2.      Salah satu factor eksternal berdirinya Muhammadiyah adalah Gerakan Pembaharuan Islam Dunia. Jelaskan maksud factor tersebut dan sebutkan 3 (tiga) tokoh cendekiawan muslim yang berperan dalam hal tersebut!

3.      Dalam bidang pendidikan, Muhammadiyah membangun sekolah/madrasah yang mengintegrasikan pelajaran agama dan pelajaran umum, jelaskan maksud penerapan sistem tersebut!

4.      Dalam bidang social kemasyarakatan Muhammadiyah sangat terisnpirasi dengan Q.S Al Maun :1 – 7 . Sebutkan nilai yang terkandung didalamnya!

5.      Pada masa perjuangan kemerdekaan, ada beberapa tokoh Muhammadiyah yang ikut serta dalam perjuangan kemerdekaan, sebutkan 3 (tiga) diantaranya!

6.      Dalam usahanya setelah kemerdekaan, Muhammadiyah juga berperan dalam penumpasan PKI. Menyebutkan diantara keterlibatan tersebut!

7.      Pada kepemimpinan K.H. A.R. Fakhrudin terdapat dua tantangan besar yang dihadapi oleh Muhammadiyah, Menyebutkan dan menjelaskan dua tantangan besar tersebut!

8.      Salah satu pencapaian periode Reformasi, Muhammadiyah menggunakan metode hisab dalam penentuan awal bulan Qamariyah dengan 3 (tiga) parameter. Sebutkan parameter yang digunakan.

9.      Menjelaskan peran pada abad ke dua Muhammadiyah berkomitmen untuk melakukan dakwah yang bersifat mencerahkan pada komunitas yang bersifat membebaskan, memberdayakan dan memajukan!

10.  Menyebutkan nama ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Magelang, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar

Rambu Materi Aqidah Akhlak X PTS Genap

  Malaikat adalah salah satu makhluk Allah yang diciptakan untuk membantu tugasNya dalam mengawasi manusia. Malaikat tidak daat dilih...